RSS

Mengerem dan Berhenti

02 Jun

Dalam suatu perjalanan, untuk bisa sampai tujuan dengan baik dan selamat, tidak cukup hanya mengetahui bagaimana cara kita berjalan/melaju, seberapa cepat kita melaju, tetapi juga bagaimana kita berhenti/mengerem. Karena banyak kecelakaan terjadi bukan karena mobilnya tidak mau berjalan, tetapi karena tidak bisa mengerem dalam kondisi melaju dengan kencang. Ada kalanya pula kita berhenti untuk beristirahat sejenak, karena badan juga perlu istirahat. Kendaraan pun juga perlu diisi bahan bakar bila perjalanan cukup jauh. Dengan berhenti pun kita bisa berpikir sejenak untuk melihat alternatif jalan lain untuk sampai lebih cepat pada tujuan.

Begitu pula dengan meraih impian/cita-cita. Tentu kita akan berjuang pada jalan masing-masing untuk meraih impian/cita-cita yang diinginkan. Dalam upaya mengarungi jalan tersebut, ada kalanya kita perlu berhenti dan diam sejenak. Berhenti untuk merenung, mengevaluasi. Barangkali jalan yang ditempuh tidak sesuai dengan yang seharusnya. Barangkali ada alternatif jalan lain untuk bisa mencapai tujuan lebih cepat. Berhenti sejenak untuk meluruskan niat yang barangkali melenceng. Berhenti sejenak untuk membangun lagi semangat yang sudah menipis, untuk mengisi lagi energi jasmani dan rohani yang mulai menurun, dan berhenti untuk menyusun rencana yang lebih baik lagi dengan semangat yang lebih besar lagi, tentu tidak lupa disertai do’a dalam setiap langkah.

Jalan yang ditempuh boleh beda, impian boleh beda, tetapi harus bermanfaat dan membawa keberkahan. Karena kita ingin impian yang baik, yang diawali dengan niat baik, ditempuh dengan cara yang baik dalam setiap prosesnya, dan mendapat hasil yang baik.

 
Leave a comment

Posted by on June 2, 2014 in Celotehan - Inner Journey

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: