RSS

Nikmatnya Berkumpul

08 Feb

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Sebagai makhluk sosial, manusia sejatinya tidak bisa hidup sendirian. Ya, manusia jelas membutuhkan bantuan orang lain, membutuhkan interaksi dengan orang lain, membutuhkan bersosialisasi dan lainnya. Sungguh aneh bila ada seseorang yang mengatakan bahwa dirinya tidak memerlukan berinteraksi dengan orang lain. Sungguh aneh bila ada seseorang yang menutup dirinya, tidak mau berhubungan dengan orang lain.

 

Salah satu dari syair lagu Tombo Ati yang dipopulerkan oleh opik adalah “Obat hati itu ada 5 perkara… yang ketiga berkumpullah dengan orang shaleh”. Berkumpul adalah suatu kegiatan yang menunjukkan adanya lebih dari satu orang yang saling berinteraksi satu sama lain. Apapun kegiatannya, bisa baik bisa buruk. Berkumpul yang baik contohnya mengaji, belajar kelompok, dan lainnya. Berkumpul yang buruk contohnya main judi, minum minuman keras. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk berkumpul, ya, karena manusia adalah makhluk sosial. Akan tetapi, berkumpul itu haruslah yang dapat memberikan manfaat. Karena itu akan memberikan kenikmatan yang sebenar-benarnya. Berkumpulnya orang-orang untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah suatu hal yang luar biasa dan dicontohkan oleh Rasulullah. Dengan inilah Nabi Muhammad mengajarkan sahabat-sahabatnya, dengan ini pula para sahabat saling menjaga satu sama lain. Sehingga kekuatan ruhiyah para sahabat sangat besar, mungkin sangat jauh bila dibandingkan dengan orang sekarang.

 

Ya, berkumpul dalam rangka ketaatan dan mendekatkan diri kepada Allah sungguh sangat nikmat. Mungkin sebagian orang mempertanyakan hal ini. Tapi cobalah tuk merasakan sendiri, sungguh, kenikmatan itu akan datang. Berkumpul dalam rangka ketaatan kepada Allah akan menjaga kita dan memotivasi kita untuk terus memperbaiki diri. Tentu akan lebih mudah apabila selalu ada yang mengingatkan kita bukan? Ya, memang nikmat sekali berkumpul…

 
Leave a comment

Posted by on February 8, 2013 in Celotehan - Inner Journey

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: