RSS

Pemutus Nikmat Sehat

28 Jan

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

 

Setiap kita tentu ingin memiliki badan yang sehat, karena dengan badan sehat aktifitas harian menjadi lancar, kegiatan sehari-hari menjadi mudah. Ibadah lancar, belajar lancar, pekerjaan lancar, dan lainnya. Hal ini sangat sulit ketika kita sakit. Ya, sakit memang sang “Pemutus Nikmat Sehat”. Sakit memang tidak enak, apapun jenisnya. Karena aktifitas harian tentu tertanggu, entah ibadah, belajar, bekerja. Sehingga datangnya sakit tentu tidak kita inginkan, walaupun penyakit adalah salah satu ujian dan cobaan yang menunjukkan kasih sayang Allah pada kita. Rasulullah sudah mewanti wanti soal tubuh yang sehat dan bisa sakit ini dalam sebuah hadits shahih :

 

“Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :

1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, 2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, 3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, 4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, 5. Hidupmu sebelum datang kematianmu.”

(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir)

 

Manisnya sehat akan sangat terasa ketika kita sedang sakit. Walaupun ketika sakit dosa kita diampuni, tetapi produktifitas kebaikan jadi berkurang (banyak amalan yang menjadi sulit dilakukan). Oleh karena itu mari kita jaga kesehatan. Hidup ini penuh dengan warna dan rasa. Ada rasa manis, pahit, asam, asin (nano nano yaa). Apapun itu, kita tentu berharap banyak mendapat rasa manisnya. Oleh karena itu, kita harus berjuang. Karena manisnya hidup, kita yang mengusahakan.

 

Semangat!

 
Leave a comment

Posted by on January 28, 2013 in Celotehan - Inner Journey

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: