RSS

BCL (Beginilah Cerita si Lebah) Season 2

16 Jan

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

 

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”(QS. An-Nahl: 68-69)

 

Alhamdulillah, ini adalah notes kedua saya di tahun 2013. Tidak perlu bilang wow apalagi sambil koprol ataupun memecahkan piring biar ramai. Walaupun sekarang musim hujan insya Allah notes ini tidak akan menimbulkan efek ctar membahana. Sudah semakin kriuk, yuk lanjut…

 

Sebagaimana judulnya, notes kali ini pun akan membahas lagi kisah tentang lebah. Kenapa lagi? Ada yang masih ingat BCL season 1? Kalau ingat berarti ingatan teman-teman sangat hebat, karena sudah hampir 2 tahun lalu notes itu terbit (tepatnya 24 Mei 2011). Bagi yang lupa dan penasaran, silahkan menuju link ini . http://www.facebook.com/notes/joko-pebrianto-trinugroho/bcl-beginilah-cerita-si-lebah-season-1/187320374652403 atau mampir ke blog saya https://laatahzanjoko.wordpress.com/ (sekalian promosi.). Baiklah silahkan kembali tegakkan sandaran kursi dan tutup jendelanya.

 

 

Backsound…

 

 

Madu, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Waktu kita kecil dulu (yang merasa pernah kecil), mungkin ingat dengan iklan M*D*Ras*, salah satu produk madu yang cukup populer dan disukai anak-anak (sepertinya..). Di supermarket sekarang, kita dapat menemukan madu dari berbagai merek, ada Sumbawa, Nasional, dan lain lain. Setiap merek memiliki perbedaan, persamaannya adalah sama-sama madu. Apa yang menarik dari madu? Apa saja komposisi madu? Penasaran?

 

 

Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon. Masih banyaaak kandungan di dalam madu yang tidak kalah manfaatnya untuk kita semua. Silahkan dicari sendiri atau bisa ditambahkan pada kolom komentar (comment).

 

 

Nah, terkait manfaat dan kehebatan dari madu ini, ada sangaaat banyaaak. Yang akan saya jelaskan hanyalah sebagian, jika merasa ingin menambahkan, silahkan di kolom komentar. Berikut ini kehebatan madu :

 

1. Melawan bakteri (antibacterial)

Menurut Dr. Dixon dalam artikelnya di majalah Dis Lancet Infect, Februari 2003, madu memiliki kemampuan membunuh bakteri, dimana bakteri-bakteri tersebut tidak mampu bertahan setelah diberi madu.

 

2. Menyehatkan mulut

Menurut Prof. Amoln dalam artikel di sebuah majalah Dentgen, Desembber 2001, madu dapat mengobati penyakit-penyakit gusi, sariawan dan berbagai gangguan mulut lainnya.

 

3. Menyehatkan Lambung

Madu dapat digunakan untuk mengobati infeksi lambung. Selain itu, madu dapat melemahkan aktifitas bakteri yang menyebabkan tukak lambung

 

4. Jantung sehat dengan madu

Menurut Dr. FG Winarno, Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor dalam bukunya ” Madu, Teknologi, Khasiat dan Analisanya,” gula dan mineral dalam madu dapat meningkatkan kerja jantung. Otot-otot jantung bekerja tanpa henti sehingga selalu membutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga untuk mengganti energi yang hilang.

 

Maasyaa Allah, sungguh luar biasa ya khasiat dan manfaat madu bagi tubuh kita. Hal ini pun sesuai dengan firman Allah di atas. Bagi yang terbiasa mengonsumsi madu, silahkan pertahankan dan jangan sampai melebihi dosis yang dianjurkan dokter (ada ya?). Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bagi yang belum terbiasa, bisa dicoba untuk membiasakan diri, tidak harus minum sehari 1,5 L kok (ini mah minum air putih ya), dan rasakan khasiatnya (ini bukan ancaman ya). Insya Allah madu dapat membantu menyehatkan tubuh kita, tetapi sesungguhnya yang memberi kesehatan dan sakit adalah Allah, segala sesuatu merupakan takdir Allah. Tetapi tentu kita harus berusaha untuk selalu menjaga kesehatan kan?

 

Demikianlah tulisan ini saya buat, semoga dapat menginspirasi dan memberikan manfaat bagi teman-teman semua.

Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan, hal ini disebabkan oleh kelemahan dan kurangnya ilmu dalam diri ini. Semoga Allah senantiasa menunjukkan jalan yang terbaik dan meneguhkan hati kita semua dalam ketaatan kepada Allah. Aamiin.

 

Wallahu a’lam bishshawab

 

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

(QS.Al Insyirah:5-6)

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Madu

 

 

Sumber :

 

Anonim 1, 2012. “Keajaiban Madu”.

http://www.one-ummah.net/renungan/sains/352-keajaiban-madu.html. Diakses pada tanggal 14 Januari 2013.

Anonim 2, 2012. “Keajaiban Madu (Lanjutan)”.

http://goorme.com/article/keajaiban-madu-lanjutan. Diakses pada tanggal 14 Januari 2013.

 
Leave a comment

Posted by on January 16, 2013 in Tentang Fauna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: