RSS

Berusahalah Lebih dan Lebih Sabar Lagi, Man Shabara Zhafira..

07 Jan

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat; sesung-guhnya Allah adalah beserta  orang-orang yang sabar (QS. Al Baqarah : 153).

Alhamdulillah ya, tanpa terasa sudah 1 tahun saya tidak membuat tulisan/notes yang kata orang intronya selalu panjang (iya nggak ya?). Percaya tidak percaya, sudah 1 tahun saya tidak membuat notes, karena terakhir saya membuat notes tahun 2012, sedangkan sekarang tahun 2013. Jadi kurang lebih (banyak kurangnya) 1 tahun saya tidak membuat notes. Mohon maaf bagi para pembaca yang senantiasa menantikan karya saya yang masih belajar ini. Namanya juga masih belajar, kadang semangat kadang tidak. Kali ini intronya sengaja dibuat lebih pendek, jadi silahkan tegakkan sandaran kursi, kencangkan sabuk pengaman, dan nikmati hidangan masing-masing sambil membaca.

Backsound….

Dari judul di atas, mungkin teman-teman  langsung teringat pada buku kedua dari trilogi negeri 5 menara karya A. Fuadi (bukan Anwar Fuadi ya, itu mah bintang sinetron). Yak, judulnya Ranah 3 Warna. Di buku tersebut disebutkan pepatah-pepatah yang biasa digunakan oleh orang arab. Yang pertama adalah Man Jadda Wajada, dan yang kedua adalah Man Shabara Zhafira. Man Jadda Wajada (siapa yang sungguh-sungguh akan berhasil) adalah kalimat yang membuat kita termotivasi untuk berbuat yang terbaik.  Keberhasilan tentu sangat sulit dicapai untuk orang yang senantiasa berleyeh-leyeh, tidak serius, tidak suka bermimpi, tanpa usaha, dan suka yang instan (bukan  sekedar mie atau bubur). Yah meskipun taraf keberhasilan setiap orang tidak selalu sama, tetapi tentu butuh kesungguhan untuk mendapatkannya. Sedikit masuk ke buku Ranah 3 Warna, tokoh utama (Alif) dengan segudang mimpi yang dimilikinya, tengah berusaha untuk  menghidupi dirinya sendiri agar bisa survive sambil kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung (sebut saja UNPAD). (Sebelumnya maaf kalau ada yang salah ceritanya, ini pake metode Total Recall, maksudnya mengingat secara total yang ada di kepala tanpa baca buku lagi). Alif menghidupi dirinya dengan menulis artikel untuk dimuat di surat kabar. Berbagai kesulitan halangan rintangan ujian dia hadapi, bahkan sampai sakit typus.  Alif merasa begitu berat dan takut bahwa mimpinya tidak akan terwujud. Di saat dia kebingungan dan hampir putus asa, dia teringat pepatah lain yang tidak kalah terkenalnya. Apakah itu?

“MAN SHABARA ZHAFIRA”, Siapa yang Bersabar akan Beruntung. Ya, pepatah lain yang tidak kalah memotivasinya. Kalimat ini kembali membangkitkan Alif untuk terus berusaha dan bersabar, karena boleh jadi keberhasilan sudah dekat, entah berapa cm, entah berapa m, atau entah berapa km lagi. Anggaplah keberhasilan itu disekat oleh tembok. Bersungguh sungguh saja tidak cukup, karena kita tidak tahu harus dengan energi berapa besar tembok itu hancur, harus berapa lama tembok itu baru bisa roboh. Karena itulah diperlukan kesabaran dalam kesungguhan tersebut. Mungkin ingat kisah Thomas Alfa Edison, seorang penemu bola lampu. Berapa kali Pak Thomas harus berjuang? Sekitar 9998 kali kawan kawan sekalian. Akan tetapi Pak Thomas tidak menyerah, hingga di percobaan yang ke 10000 beliau berhasil (banyak kan). Andaikan Pak Thomas tidak sabar di usaha ke 9998 dan berhenti, tentu tidak akan dikenal keberhasilannya oleh kita. Hal serupa juga pada Kolonel Sanders (pelaut kah? Marinir?, bukan!), penemu resep KFC. Kolonel Sanders menawarkan ayamnya ke banyak orang, tapi ditoak dan terus ditolak hingga 998 kali (cukup banyak apa banyak banget?). Tapi apakah beliau menyerah? Tidaaak. Beliau terus bersabar dan berjuang hingga akhirnya kita bisa melihat banyaknya franchise KFC seperti sekarang.

Bagaimana dengan kita? Tentu kita pernah mengalami kesulitan, kegagalan, keberhasilan yang tertunda. Apakah kita langsung menyerah? Mengutuk kegelapan? Mungkin pernah berkeinginan untuk menyerah. Tapi ,marilah kita berusaha lebih lagi, berjuang lebih 1 ronde lagi, berusaha lebih dan lebih sabar lagi. Merasa kurang yakin? Firman Allah tentu akan lebih menguatkan kita, yaitu

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

(QS.Al Insyirah:5-6)

Setiap orang tentu akan mendapatkan apa yang diusahakannya. Yuk kita berjuang bersama dan bersabar untuk meraih hasil yang terbaik untuk kita. Semangat!!!

Demikianlah tulisan ini penulis buat, semoga bisa bermanfaat untuk diri pribadi dan pembaca semua. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.

Wallahu a’lam bishshawab

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sabar...

 
Leave a comment

Posted by on January 7, 2013 in Inspirasi Harian

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: