RSS

Tapak Berbekas di Kota Hujan – Hari Pertama Kerja

10 Jun

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillah,

Udah nggak sabar kan baca kelanjutannya? Mangga disimak, dibaca. Tapi pastikan jarak mata tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh dari layar, dan pastikan lampu penerangan cukup untuk membaca.. (iklan..)

 

Hari pertama, tepatnya Senin, 4 Juni 2012 adalah hari pertama saya memulai KP (masih ingat kan kepanjangannya Kerja Praktek??) di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (Biogen). Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, saya mendapatkan kelompok penelitian (kelti) di PSDG (Pengelolaan Sumber Daya Genetik). Hampir semua manusia di Indonesia bahkan di bumi sepakat kalau hari pertama kerja adalah hari yang sangat penting, sehingga harus tampil sebaik mungkin (memangnya pertunjukkan), tidak boleh terlambat, dan dengan menggunakan pakaian sebaik mungkin (tidak harus mahal). Akhirnya dengan segala tekad dan keyakinan, kami berlima berangkat menuju Biogen jam 6.45 pagi (luar biasa kan???). Sesampainya disana, ternyata… …..

Semua pegawa sudah datang ! Aktifitas sudah berlangsung! Sudah ramai sekali ….
Saya piker begitu, tapi ternyata tidaaak. Ternyata masssihh sangaaatt sepiii sekali. Akhirnya kami masing-masing tetap menuju lab/ruangan masing-masing. Saya dan Kak Pijar menuju ruang PSDG yang sudah bisa ditebak, ternyata hampir tidak ada orang. Menunggu dalam diam, mungkin inilah yang kami rasakan. Hingga akhirnya satu persatu orang berdatangan. Pembimbing kami (Dr. Asadi) sedang dalam perjalanan, sehingga sementara dihandle oleh Pak Zulchi. Pak Zulchi datang, kami berdiskusi tentang pekerjaan yang harus dilakukan. Ternyata…. pekerjaan yang kami lakukan adalah evaluasi toleransi plasma nutfah kedelai, yang satu terhadap kekeringan (Kak Pijar) dan yang satu lagi terhadap salinitas (saya). Nampak menarik bukan? Tapi jangan kaget dulu, karenaa…. Kami berdua harus menanam kedelai di polybag yang berjumlah 600 buah!!! Jadi kami berdua mengerjalan 1200 polybag. Subhanallah, luar biasa. Saya sendiri hanya bisa mengiyakan.

Lanjut.

Setelah diskusi dan cukup memahami penelitian yang harus dikerjakan. Kami dibawa menuju Ruang Benih 3. Ternyata ruangannya subhanallah, cukup sepi. Hanya ada 2 AC dan 4 pendingin yang masih baru dan belum dipakai. Kami kemudian menimbang pupuk yang akan diberikan untuk menanam kedelai. Pupuknya terdiri dari 3 komponen, yaitu TSP, ZA, dan KCL atau kalau dicampur semua jadi pupuk NPK (udah tau lah yaa). Setelah menimbang dan mencampur, kami membuat label dari stik es krim. Jumlah labelnya sama dengan jumlah polybag, jadi ada berapa teman-teman? Yak benaar!! Ada 600 label yang harus dikerjakan. Jadilah kami berdua menamai label itu dengan semangat di ruangan yang cukup dingin karena ber-AC. Jam 11 kami beristirahat, walaupun perkara pelabelan belum selesai, tapi kami sudah boleh beristiraha. Maka kami menuju soto daging dekat Masjid Biogen. Lumayan, cukup untuk mengisi perut, walaupun sedikit mahal menurut saya (10000 pakai nasi). Setelah makan, shalat, dan istirahat, kami menuju kantor lagi. Di sana Alhamdulillah bertemu Pak Asadi, setelah berbincang-bincang sebentar, kami melanjutkan pelabelan. Rencananya dilanjutkan dengan menanam benih setelah ashar. Alhamdulillah, kegiatan pelabelan selesai sekitar pukul 15.30. Kemudian kami memindahkan label tersebut ke rumah kaca tempat akan menanam, ternyata apa yang terjadi? Rumah kaca terkunci!!! Siapa yang melakukan ini ??? Tentu pegawai. karena mungkin merasa tidak ada yang memakai, maka dikunci. Akhirnya Pak Asadi memutuskan bahwa penanaman dilakukan besok saja dan kami pun selesai.
Begitulah hari pertama. Penuh dengan kekagetan, penuh dengan kebingungan tapi kami tetap tidak menyerah (naon).

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mau tau kelanjutannya? Nantikan terus…. GRATIS!!!

 

 

Tampak ada pendingin

 

 

AC ada dua, dan bungkus pendingin.

 
Leave a comment

Posted by on June 10, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: