RSS

Tapak Berbekas di Kota Hujan – Episode Pertama

07 Jun

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillah,

 

Cerita ini murni nyata dialami oleh penulis, apabila ada kesalahan penulisan atau kejadian yang tidak tepat itu murni karena kesalahan dan kekhilafan penulis, karena penulis hanyalah manusia biasa. Pemilihan judul berkaitan dengan kondisi tempat tinggal penulis saat ini.

 

Cerita ini mengisahkan perjalanan KP (Kerja Praktek) atau sebutan lainnya adalah magang.

Alhamdulillah setelah usaha yang cukup panjang, Allah menakdirkan saya KP di suatu Balai Penelitian Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian, atau yang lebih dikenal dengan Biogen. Biogen terletak di sebuah kota yang sudah tidak asing lagi, yang memiliki julukan “Kota Hujan”. Ya, tentunya teman-teman tahu bahwa yang dimaksud adalah kota Bogor. Saya mendapatkan kelompok penelitian PSDG (Pengelolaan Sumber Daya Genetik). Apakah itu? Saya sendiri juga tidak terlalu paham. Saya, bersama salah seorang teman (sebut saja Kak Pijar) mendapatkan tergabung dalam kelompok yang sama. Sedangkan teman yang lain (sebut saja Nabhila, Alyssa, dan Nisa) masing-masing terbagi menjadi dua kelompok, yaitu BSM (Biologi Sel dan Molekuler) untuk Nabhila-Alyssa dan BSJ (Biologi Sel dan Jaringan) untuk Nisa. Topik yang saya dapatkan adalah evaluasi toleransi plasma nutfah kedelai terhadap salinitas. Hal yang serupa juga didapatkan oleh kak Pijar, hanya saja pengaru yang diamati adalah kekeringan. Saya mendapat pembimbing seorang yang disebut dengan Dr. Asadi. Beliaulah yang akan menjadi pembimbing saya selama satu bulan di biogen.

 

Lalu bagaimana penelitian yang saya lakukan? Di mana? Apa saja yang dikerjakan?

Mau tau kelanjutannya??

 

Nantikan episode-episode selanjutnya…

 

 

Selanjutnya di Tapak Berbekas di Kota Hujan ….

 

Senin, 4 Juni 2012, hari pertama melaksanakan KP di Biogen. Dengan segala kesiapan fisik dan mental saya berangkat lebih pagi dari yang seharusnya. Sesampainya di biogen, ternyata yang harus saya lakukan adalah…..

 

Bersambung….

 
Leave a comment

Posted by on June 7, 2012 in Perjuangan di Kota Hujan

 

Leave a Reply

 
